DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

Siaran Pers

21 Januari 2021 Berita

SIARAN PERS

Nomor: 15.Pm/21/SJKS/2021
Tanggal: 21
Januari 2021

PENANDATANGAN NOTA KESEPAHAMAN TENTANG PEMBIAYAAN DAN PEMASANGAN SISTEM PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA ATAP

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Sekretariat Jenderal Dewan Energi Nasional, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. dan PT LEN Industri (Persero) tentang Pembiayaan dan Pemasangan Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap, dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 2021 di Kantor Sekretariat Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN), Jakarta.

Nota Kesepahaman ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal DEN Bapak Djoko SIswanto, Pemimpin Wilayah Kanwil BRI Jakarta I Bapak Rudhy Sidharta, dan Direktur Strategi Bisnis dan Portofolio PT Len Industri Bapak Linus Andor Mulana Sijabat.

Penandatanganan Nota Kesepahaman dimaksudkan sebagai rencana kerja sama pembiayaan dan pemasangan Sistem PLTS Atap di lingkungan kantor dan/atau perumahan pegawai Sekretariat Jenderal Dewan Energi Nasional.

Ruang lingkup nota kesepahaman ini meliputi:

  1. koordinasi pelaksanaan program kegiatan bersama dalam pembiayaan PLTS Atap;
  2. pembiayaan dalam pemasangan Sistem PLTS Atap;
  3. pelaksanaan penyediaan Sistem PLTS Atap;
  4. pelaksanaan pelatihan pengoperasian dan pemeliharaan Sistem PLTS Atap.

Sistem pembiayaan dari BRI untuk pemasangan PLTS Atap dalam rangka mendukung program Green Financing untuk mendorong investasi yang ramah lingkungan serta berfokus kepada pembangunan berkelanjutan. Briguna BRI merupakan solusi untuk masyarakat yang ber payroll melalui Bank BRI, dalam memperoleh PLTS Atap tanpa menambah biaya pembayaran listrik karena proses yang cepat, angsuran dan jangka waktu yang fleksibel tanpa biaya anggunan dan tanpa uang muka (down payment).

Peralatan utama PLTS Atap adalah modul surya yang memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) produk sebesar 47,5% dan dapat menghemat tagihan listrik sampai dengan 30%. PT Len Industri menugaskan anak perusahaan PT Len Agra Energi dalam ksntruksi PLTS Atap tersebut.

Program ini juga sebagai salah satu upaya implementasi kebijakan di Kementerian BUMN tentang Percepatan Penggunaan PLTS Atap yang tertuang pada Skep No. 252 Tahun 2020, serta mendorong pengembangan energi baru terbarukan sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 79 Tahun 2014 tentang Kebijakan Energi Nasional (KEN), Peraturan Presiden No. 22 Tahun 2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) dan Grand Strategi Energi Nasional (GSEN).

Diharapkan dengan adanya Nota Kesepahaman ini sebagai upaya bersama untuk membangun sinergi BUMN antara PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan PT Len Industri (Persero) sesuai dengan arahan Bapak Presiden dalam rangka sinergi BUMN yang dipantau oleh Bapak Presiden setiap 3 bulan sekali.

Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan

Sugeng Mujiyanto

Bagikan berita ini


© 2016 - 2021 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.