DEN DEWAN ENERGI NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA

REFORMASI BIROKRASI DEWAN ENERGI NASIONAL

Beranda » Reformasi Birokrasi » Sosialisasi Reformasi Birokrasi

Setjen DEN Selenggarakan Sosialisasi Gratifikasi, Sistem Whistle Blower dan Benturan Kepentingan

25 Maret 2019 Reformasi Birokrasi

Dalam mendukung percepatan pelaksanaan Reformasi Birokrasi di lingkungan Sekretariat Jenderal (Setjen) Dewan Energi nasional (DEN), maka dilaksanakan sosialisasi gratifikasi, whistle blower dan/atau benturan kepentingan di lingkungan Setjen DEN (25/3). Kegiatan ini dipimpin oleh Kepala Biro Umum Sugeng Mujiyanto, dihadiri oleh seluruh pegawai di lingkungan Setjen DEN, dengan narasumber dari Inspektorat Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya (ESDM) Mineral Muji Hartoto.

Muji Hartoto menyampaikan pembahasan sosialisasi yang meliupti pencegahan korupsi yang terdiri dari klasifikasi korupsi dan tindak pidana korupsi dan upaya pencegahan tindak pidana korupsi di Kementerian ESDM. Selain itu, pengendalian gratifikasi yang terdiri dari ancaman pidana terkait gratifikasi, perlakuan gratifikasi, gratifikasi yang wajib dilaporkan dan yang tidak wajib dilaporkan serta pengendalian gratifikasi di Kementerian ESDM

Dalam kesempatan tersebut, juga membahas sistem whistle blowing mengenai alur aplikasi di Kementerian ESDM dan penyampaian pengaduan alur pelayanan sistem whistle blowing. Untuk pembahasan benturan kepentingan dibahas mengenai bentuk benturan kepentingan, sumber penyebab benturan kepentingan, pencegahan benturan kepentingan dan mekanisme pengangan benturan kepentingan.

Pelaksanaan kegiatan asistensi terkait Gratifikasi, whistle blowing dan benturan kepentingan di lingkungan Setjen DEN diharapkan dapat diselenggarakan secara rutin. Sugeng menyampaikan, “Diharapkan diselenggarakan rutin, setiap tiga bulan sekali dengan metode pelaksanaan yang dilakukan tidak hanya satu arah namun dengan konsep diskusi dan tanya jawab”.

Kegiatan asistensi dua arah bertujuan agar pegawai memiliki komitmen untuk menumbuhkan dan membangun Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM).

Pelaksanaan kegiatan ditutup dengan penandatanganan Komitmen Bersama Pembangunan ZI menuju WBK dan WBK/WBBM yang dipimpin oleh Sekretaris Jenderal DEN dan diikuti seluruh pegawai di lingkungan Setjen DEN. (Teks: TR/Foto: OT).


© 2016 - 2019 Dewan Energi Nasional. All rights reserved.