Akselarasi Pemanfaatan Energi Terbarukan

Jakarta, 03/07/23. Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Satya Widya Yudha menjadi narasumber dalam Dialog Jendela Negeri dengan tema Akselerasi Pemanfaatan Energi Terbarukan yang diselenggarakan oleh TVRI. 

Satya menyampaikan bahwa energi baru dan terbarukan sekarang menjadi enengi fenomenal di dunia karena energi baru terbarukan lebih bersih dan berkelanjutan, sementara energi fosil tergantung cadangan yang kita miliki yang dari waktu ke waktu bisa turun atau habis. Maka pilihan ke depan menuju pada energi terbarukan yang lebih bersih.  

Pria lulusan Cranfield University UK ini mengungkapkan Indonesia sepakat di tahun 2030 akan menurunkan emisi dengan bantuan Internasional sekitar 446 juta ton, dan tanpa bantuan Internasional 380 juta ton. Komitmen penurunan emisi dilakukan dengan beberapa aksi di bidang energi, industri, dan perubahan lahan. Langkahnya yaitu merubah energi fosil secara perlahan menuju  energi terbarukan dan untuk energi fosil dengan mengurangi emisi karbon dengan tehnologi bersih. 

Di akhir  Satya menegaskan bahwa  tugas kita semua masyarakat Indonesia punya peran penting untuk bisa menciptakan dan mendorong energi terbarukan. (Teks&Grafis: MB, Editor: DE)

Bagikan ini