Audiensi dengan YBLL untuk Potensi Pengembangan Bambu Sebagai Sumber Energi Biomasa

Jakarta, 04/08/2023. Anggota DEN Satya Widya Yudha menerima audiensi Yayasan Bambu Lingkungan Lestari (YBLL) untuk potensi pengembangan bambu sebagai sumber energi biomasa. Audiensi diselenggarakan secara hybrid, turut hadir pada audiensi tersebut Anggota DEN, Yusra Khan, Musri dan As Natio Lasman, Sekjen DEN, Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan, Direktur Bioenergi, KESDM, Chaiperson Yayasan Bambu Lingkungan Lestari dan Direktur Utama Clean Power Indonesia.

Dalam sambutannya, Anggota DEN, Satya Widya Yudha menyampaikan dalam rangka mewujudkan ketahanan energi dan mendorong pengembangan EBT serta komitmen NZE pada tahun 2060, perlu adanya program strategis dalam pengembangan EBT di Indonesia.

Direktur Utama Clean Power Indonesia, Jaya Wahono menyampaikan bahwa ada potensi untuk pengembangan bambu sebagai sumber energi biomasa di Indonesia. “Terutama pengembangan bambu agroekologi berbasis rakyat dan desa”, pungkasnya.

Wahono juga menyampaikan beberapa program antara lain: memaksimalkan manfaat ekologi bambu (restorasi lahan kritis, konservasi air, mitigasi bencana, dan penyerapan karbon); menguatkan ekonomi desa (industri bambu inovatif); mempercepat adopsi energi baru dan terbarukan (biomassa, black pellet, Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa); Keadilan energi bagi masyarakat di daerah tertinggal di Indonesia  Timur (pembangunan PLTBm). Wahono juga memaparkan peta jalan menuju 1 GW PLTBm berbasis Masyarakat.

Direktur Bioenergi, KESDM, Edi Wibowo menyampaikan bahwa program PLT Biomassa dengan melibatkan masyarakat setempat harus didukung bersama. "Perlu melibatkan Kementerian Dalam Negeri, tidak hanya KESDM, BUMN, KLHK dan Kemendesa", pungkasnya. Edi juga menyampaikan pihaknya siap melakukan koordinasi lebih lanjut terkait program YBLL khususnya potensi pengembangan bambu sebagai sumber energi biomasa.

Dalam penutupannya, Satya menyampaikan DEN mengapresiasi program YBLL dalam memajukan EBT khususnya pengembangan bambu sebagai sumber energi biomassa. “DEN perlu mendorong pengembangan EBT khususnya yang memberikan dampak langsung kepada masyarakat setempat “tegasnya. Satya berharap dukungan dari stakeholder lain untuk dapat melancarkan program tersebut. (Teks: AM, Grafis: CT, Editor: DE)

Bagikan ini