Audiensi Rencana Pembangunan PLTS di Lahan Bekas Tambang

Jakarta 2/8/2023. Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto menerima audiensi rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) 100 MW di lahan bekas tambang PT Mega Prima Persada di Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

 
Dalam sambutan pada kegiatan yang diselenggarakan secara hybrid tersebut, Djoko Siswanto menyampaikan bahwa pembangunan PLTS pada lahan bekas tambang batubara PT Mega Prima Persada akan mendukung upaya pencapaian target porsi Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 23% di tahun 2025. Oleh karena itu inisiatif PT Mega Prima tersebut perlu didukung oleh semua pihak.

Perwakilan LX Internasional yang merupakan induk perusahaan PT Mega Prima Persada menjelaskan bahwa rencana pembangunan PLTS 100 MW ini berpotensi menjadi pelopor dalam merealisasikan rencana pemanfaatan lahan bekas tambang untuk pembangunan PLTS. PLTS ini sejalan dengan RUPTL PT PLN, di mana terdapat narasi potensi pengembangan PLTS dengan memanfaatkan lahan bekas tambang, memberikan kontribusi EBT, serta membantu memenuhi kebutuhan listrik di Wilayah Ibu Kota Nusantara, terutama untuk industri smelter dan semen.
 
Lebih lanjut, perwakilan Ditjen Minerba yang hadir secara on line juga turut memberikan dukungan dalam pengembangan EBT pada PLTS di lahan bekas tambang, serta menyarankan untuk melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan tata ruang  dalam pengembangan energi bersih di daerah, memperhatikan dokumen rencana penutupan tambang, pertimbangan keberlanjutan ekologi dan ekosistem, juga evaluasi reklamasi pasca tambang.

Hal senada disampaikan oleh Perwakilan ATR terkait perlunya koordinasi tentang tata ruang dalam pengembangan energi bersih. Dukungan dalam pembangunan PLT EBT di lahan bekas tambang juga diungkapkan oleh perwakilan Ditjen EBTKE yang menyarankan adanya koordinasi dengan PLN terkait dengan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik.

Sebagai penutup, Djoko Siswanto juga menekankan pentingnya mendorong pengembangan PLTS di lahan bekas tambang dengan perencanaan bersama PLN ke depannya ( teks: DE   Infografis: OT)

Bagikan ini