Bahas Bahan Baku BBN, Djoksis: Butuh Penelitian di Luar Tanaman Pangan

Jakarta, 20/7/2023. Selaras dengan implementasi Rencana Umum Energi Nasional (RUEN), Pemerintah berencana untuk menyusun Peta Jalan Penyiapan Jenis Tanaman Prioritas untuk Bahan Baku Bahan Bakar Nabati (BBN) dalam rangka mewujudkan kemandirian dan ketahanan energi nasional.

“Peningkatan penggunaan biofuel menjadi salah satu kegiatan di sektor transportasi untuk mendukung capaian bauran EBT nasional. Mengacu pada RUEN, kebutuhan BBN di tahun 2025 mencapai 13,9 juta KL, dan terus meningkat hingga 52,3 juta KL di tahun 2050,” terang Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional Djoko Siswanto dalam acara Kick Off Meeting yang diselenggarakan Badan Riset dan Inovasi Nasional di Jakarta, Kamis (20/7). 

Pria yang kerap disapa Djoksis ini menambahkan, optimalisasi biofuel juga tertuang dalam Grand Strategi Energi Nasional guna mempercepat penghentian impor BBM di tahun 2030. Ekstensifikasi penggunaan B30 – B100, serta produksi BBN untuk daerah remote perlu diupayakan secara mandiri, khususnya bioethanol untuk keperluan transportasi.

“Penelitian mendalam pada jenis tanaman di luar tanaman pangan sebagai bahan baku BBN penting dilakukan. Dengan demikian, potensi bentrokan dalam penyediaan bahan baku BBN dengan pangan bisa dihindari, kemandirian dan ketahanan energi juga terjaga,” lanjut Djoksis.

Djoksis juga menekankan perlunya pelibatan Kementerian Pertanian dalam pembahasan Peta Jalan Penyiapan Jenis Tanaman Prioritas untuk Bahan Baku BBN. (Teks: SL, Grafis: OT, Editor: DR)

Bagikan ini