Bahas Teknologi PLTN, DEN Terima Audiensi KHNP

Jakarta, 15/8/2023. Dewan Energi Nasional (DEN) menerima audiensi dari Korea Hydro Nuclear Power (KHNP). KHNP merupakan perusahaan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) negara milik Korea Selatan.

“Saat ini Indonesia sedang melakukan phasing out pembangkit listrik tenaga fosil dan mendorong pemanfaatan pembangkit berbasis EBT. Terlebih, DEN juga tengah melakukan pembaruan KEN yang mencantumkan PLTN sebagai salah satu game changer untuk mencapai target NZE,” ungkap Anggota DEN Yusra Khan dalam Audiensi DEN dengan KHNP di Jakarta, Selasa (15/8).

Dalam kesempatan tersebut, Yusra juga menggarisbawahi tentang harga listrik, serta kontribusi yang diharapkan dalam menyediakan energi bersih yang terjangkau bagi masyarakat.

Lebih lanjut, Anggota DEN Agus Puji Prasetyono menggarisbawahi terkait kendala investasi dan potensi kolaborasi yang dapat dijalin. 

Adapun, Anggota DEN Musri dan As Natio Lasman menekankan terkait aspek keamanan pembangkit, serta menggali teknis teknologi i-SMR dan perbedaannya dengan teknologi terdahulu.

Menanggapi hal tersebut, perwakilan KHNP Choi Woo Young menjelaskan, teknologi innovative small modular reactors (i-SMR) yang tengah dikembangkan tersebut merupakan salah satu yang terbaik di dunia, baik dari segi keamanan, fleksibilitas, maupun ekonomi. Harga listrik per kWh yang ditawarkan juga terbilang kompetitif.

Perwakilan KHNP Choi Hoon Wo juga menambahkan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Indonesia Power terkait potensi kolaborasi yang dapat dijalin, serta berharap DEN dapat meninjau langsung PLTN yang telah beroperasi di Korea Selatan.

Sebagai penutup, Yusra menyampaikan, pihaknya mengapresiasi dan menyambut positif teknologi i-SMR, dan berharap dapat terus menjalin koordinasi dan menggali potensi kolaborasi dengan KHNP. (Teks: SL, Grafis: OT, Editor: DE)

Bagikan ini