Capaian EBT dalam Bauran Energi Daerah Wilayah Sulawesi - Maluku Lampaui Target Nasional

Makassar, 25/09/23. Dewan Energi Nasional (DEN) menggelar Rapat Koordinasi Pengawasan Pencapaian

Bauran Energi Daerah Tahun 2022 Regional Sulawesi dan Maluku. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Anggota DEN Eri Purnomohadi dan juga dihadiri oleh anggota DEN lainnya yaitu Musri Mawaleda. Turut hadir pula para perwakilan Dinas ESDM Provinsi di wilayah Sulawesi dan Maluku. 

Salah satu upaya untuk mengevaluasi pelaksanaan RUED adalah dengan mengukur pencapaian bauran energi daerah setiap tahun untuk melihat gap antara realisasi dengan target yang telah ditetapkan oleh masing-masing Pemerintah Daerah yang telah tertuang dalam Perda RUED.

Mengingat amanah pengawasan pelaksanaan kebijakan di bidang energi yang bersifat lintas sektoral yang telah ditetapkan berdasarkan kebijakan dan peraturan perundangan tersebut, maka diperlukan suatu upaya monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan RUED-P untuk mendukung pemenuhan target bauran energi nasional. Rapat koordinasi ini difokuskan pada 8 (delapan) Provinsi yang berada di wilayah Sulawesi dan Maluku. 

Dalam paparannya, Kepala Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Barat mengungkapkan bahwa capaian porsi EBT dalam Bauran Energi Daerah pada tahun 2022 mencapai 23,61%. Sementara untuk Provinsi Sulawesi selatan mencapai 27,59%, Provinsi Gorontalo 18,77?n Provinsi Maluku 33,16%. Angka tersebut melebihi rata-rata capaian Bauran Energi Nasional EBT yaitu dikisaran 11% hingga 12%.

Menangggapi hal tersebut, Eri Purnomohdi menyampaikan apresiasinya kepada daerah-daerah yang sukses mengakselerasi penggunaan EBT di wilayahnya. “Walaupun begitu, dari rapat ini kita juga melihat bahwa ada beberapa wilayah di Sulawesi yang belum teraliri listrik. Ini menjadi catatan penting untuk kita tindak lanjuti kedepannya”, ujar Eri. (Teks&Grafis: CTA, Editor: DE)

Bagikan ini