DEN Bahas Pencapaian Bauran Energi

Jakarta, 27/07/2023. Anggota DEN Herman Darnel Ibrahim hadir sebagai panelis dalam webinar ”Bagaimana strategi Indonesia mencapai target bauran 23% energi terbarukan pada tahun 2025?” yang diselenggarakan Institute for Essential Services Reform (IESR).Webinar yang membahas perkembangan bauran energi terbarukan di Indonesia, hambatan dan strategi akselerasi pengembangan energi terbarukan untuk mencapai target bauran energi primer 23% pada tahun 2025.

Pria yang kerap disapa HDI ini menyampaikan bahwa DEN ikut menentukan target bauran energi primer dan energi terbarukan 23%. Saat ini DEN juga melakukan pengawasan terhadap bauran energi. Dalam peningkatan EBT, solar surya merupakan salah satu energi terbarukan yang memiliki peluang besar dikembangkan untuk medorong pencapaian bauran energi”, ungkapnya. Salah satu hambatan dalam pencapaian bauran energi adalah strategi peningkatan biodiesel dan biofuel yang belum diimplementasikan dengan baik, pungkasnya. 

Perlunya akses energi ke masyarakat daerah remote dan transisi energi per region merupakan hal perlu diperlu didorong melalui pengawasan untuk mencapai ketahanan energi.

Mastaba Bahari dari Aneka EBT menyampaikan "hambatan yang dialami dalam peningkatan bauran EBT diantaranya peningkatan produk dalam negeri, mendorong produsen menggunakan produk dalam negeri, kondisi geografis, juga perijinan,"ungkapnya

EVP Aneka Energi PT.PLN, Zaenal Arifin menargetkan 2030 sesuai dengan RUPTL yang telah dilakukan cascading dalam menurunkan NZE dan mendorong bauran energi energi. (teks :ED  Infografis:MB)

Bagikan ini