DEN Berpartisipasi dalam The 41st ASEAN Ministers on Energi Meeting dan Asean Energy Business Forum

Bali, 27/08/23. The 41st ASEAN Ministers on Energy Meetings (AMEM-41) dan Asean Energy Business Forum (AEBF) 2023 sukses diselenggarakan di pulau Bali pada pekan ke 4 bulan Agustus. Pertemuan tersebut dihadiri oleh negara-negara anggota ASEAN, negara-negara mitra dialog, dan organisasi Internasional. AMEM-41 juga dihadiri oleh Timor Leste sebagai negara observer. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif memimpin langsung Joint Opening Ceremony AMEM-41 dan AEBF 2023 yang dihelat di Kawasan Nusa Dua, Bali. Opening Ceremony tersebut dihadiri juga oleh Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN), Djoko Siswanto.

DEN sebagai lembaga di bidang energi, turut berpartisipasi menyukseskan gelaran acara tersebut salah satunya pada ASEAN Chairmanship Side Events “Sustainable Energy Financing and Mobilisation of Energy Investment and Advancing CCUS Implementation for Energy Security in ASEAN” yang digelar oleh ERIA. Anggota DEN Herman Darnel Ibrahim didaulat menjadi salah satu pembicara pada sesi Workshop “What are need for advancing CCUS plan & implementation in ASEAN (technologies, regulations, policy supports and stakeholders).

Selain itu, Sekretaris Jenderal DEN Djoko Siswanto juga berkesempatan untuk menyampaikan Keynote Speech pada sesi Workshop “Advancing CCUS Implementation for Energy Sector in ASEAN”. Selanjutnya pada sesi workshop “Financing clean technologies, renewable and green finance in ASEAN”, Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan Yunus Saefulhak  berkesempatan untuk menyampaikan Closing Remarknya. 

Pada hari berikutnya, Djoko Siwanto berkesempatan untuk menyampaikan opening speech pada “8th ASEAN Energy Outlook (AEO8) Seminar: Current and Future Key Trends” sebagai bagian dari rangkaian kegiatan AEBF 2023 yang diselenggarakan oleh ASEAN Centre for Energy. Sementara itu, Anggota DEN As Natio Lasman didaulat untuk menyampaikan Opening Speechnya pada JETRO Event on ASEAN Energy Business Forum (AEBF) 2023 dengan tema Workshop “Energy Transitions in ASEAN by utilizing All Fuels and All Technologies"

Selama rangkaian kegiatan AMEM-41 dan AEBF 2023 tersebut, Djoko Siswanto juga didaulat untuk menyambut langsung delegasi Internasional yang datang ke Bali dan melepas kepulangan beberapa delegasi internasional diantaranya Delegasi Rusia, Delegasi Malaysia, Delegasi Filipina, Delegasi Selandia Baru dan Delegasi Singapura. (Teks&Video: CTA, Editor DE)

Bagikan ini