DEN Gelar FGD Rencana Pembangunan PLTN

Jakarta 31/1/2024. DEN menggelar Forum Group Discusion (FGD) rencana pembangunan PLTN yang dilakukan secara hybrid. Acara dihadiri oleh Anggota DEN Agus Pudji Prasetyono, Sekjen DEN, Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan, Kepala Biro Fasilitasi Penaggulangan Krisis dan Pengawasan Energi, jajaran Sekretariat Jenderal DEN, tim PT Thorcon, Kementerian/ Lembaga juga stakeholder energi terkait.

Acara dibuka oleh Sekjen DEN yang menyampaikan tujuan FGD untuk memperoleh pandangan, pemikiran dan masukan terkait persiapan  pembangunan PLTN di Indonesia secara berkelanjutan untuk mendukung tercapainya target EBT dalam skenario transisi energi menuju NZE di 2060.

“PLTN menjadi pilihan potensial yang terstate dalam bauran energi nasional,” ungkap Agus Pudji. Lebih lanjut Agus Pudji menambahkan dalam rencana pembangunan PLTN perlunya memperhatikan peran daerah dalam rancangan rencana tata ruang dan rencana tata wilayah, tapak, amdal,dan keuntungan daerah operasi PLTN.

Update rencana pembangunan PLTN Thorcon TMSR500 di Indonesia disampaikan oleh tim PT.Thorcon yang telah menyiapkan milestone pembangunan PLTN dan outline proposal  yang akan disampaikan oleh Pemerintah.

Perwakilan BRIN Sriyana menyampaikan "terkait izin tapak agar simultan dengan Bappeten juga izin lingkungannya”, ungkapnya.

Perwakilan Kemenko Mariverst  Ridha Yasser menyampaikan dukungannya terhadap rencana pembangunan PLTN dengan meningkatkan posisi tawar kita dalam renewable energi, ungkapnya. (teks DE  Infografis:OT  Editor : YS)

Bagikan ini