DEN Terima Kunjungan DPRD Provinsi Bangka Belitung

30/1/2024. Anggota DEN  Agus Puji dan As Natio Lasman menerima kunjungan  tim DPRD Provinsi Bangka Belitung. Mendampingi APK DEN, hadir pula Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan, BRIN, Dinas ESDM Banten, Kementerian ATR BPN dan Bapeten secara daring. Kehadiran DPRD Provinsi Bangka Belitung dipimpin oleh Ketua DPRD Bangka Belitung, Ketua Panitia Khusus RTRW DPRD Bangka Belitung beserta jajaran DPRD Provinsi Bangka Belitung dalam rangka konsultasi Rancangan Peraturan Daerah ( Ranperda) Rencana Tata Ruang (RT) dan Rencana Tata Wilayah (RW)  terkait isu pembangunan PLTN di  wilayah Bangka Belitung

Anggota DEN, Agus Puji memperkenalkan DEN baik secara organisasi maupun tugas dan fungsi kepada jajaran DPRD Bangka Belitung. “Bangka Belitung akan dijadikan nominasi untuk mendirikan PLTN yang pertama di Indonesia, kenapa kita harus memiliki PLTN, itu yang akan dijelaskan lebih lanjut”, tegas Agus.

Kekhawatiran  terhadap Pembangunan PLTN berkenaan dengan ketakutan masyarakat terhadap kebocoran reaktor nuklir. juga pemasalahan pencemaran limbah radioaktif, ini isu yang langsung kami tangkap” terang Firmansyah Levi, Ketua Pansus RTRW DPRD Babel.

Menanggapi hal tersebut, As Natio menyampaikan bahwa terkait dengan seluruh limbah radioaktif PLTN akan dikelola oleh Negara. Yang kedua terkait dengan kebocoran reaktor nuklir bahwa jika ada PLTN, Bapeten memiliki 2 penugasan Inspektur yakni Inspektur dari luar dan residen Inspektur (Inspektur yang tinggal di lokasi PLTN). Inspektur dari luar akan bertugas untuk memeriksa bagaimana lingkungan sekitar PLTN, sedangkan Residen Inspektur akan memonitoring bagaimana kualitas serta operasional PLTN. Pengawasan dari luar dan dalam untuk memastikan operasional PLTN berjalan secara safety, secure dan safeguard. Dengan demikian, kekhawatiran yang dirasakan oleh masyarakat bahwasanya Pembangunan PLTN ini akan berjalan aman.

Lebih lanjut, Ketua DPRD Babel menanyakan pengaruh dan manfaat masyarakat Bangka Belitung dengan adanya pembangunan PLTN baik terhadap Penghasilan Asli Daerah (PAD) juga benefit bagi masyarakat setempat. Mewakili masyarakat Provinsi Babel, harapan dengan adanya Pembangunan PLTN tepatnya di Kawasan Bangka Tengah untuk tetap menjaga kualitas ekosistem terumbu karang, pariwisata serta peningkatan pendapatan ekonomi daerah.

"Pembangunan PLTN dimanapun tentunya akan memberikan multiple effect kepada daerah, baik secara peningkatan ekonomi, pariwisata dan meluasnya lapangan pekerjaan. Tentunya peran Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah sangat dibutuhkan terutama untuk melakukan sosialisasi secara massive kepada masyarakat", tutup  Agus Pudji. ( Teks: KN, Grafis: OT, Editor :DE)

Bagikan ini