Inaugurasi Organisasi MEBNI

Jakarta, 4/07/2023. Pada 11 Maret 2023, Masyarakat Energi Baru Nuklir Indonesia (MEBNI) resmi di deklarasikan, dan pada Selasa, 4 Juli 2023, MEBNI melakukan inaugurasi organisasi MEBNI dengan melakukan syukuran kantor MEBNI. Tujuan dibentuknya MEBNI adalah untuk mengejar ketertinggalan  kesejahteraan rakyat Indonesia untuk mencapai GDP per kapita yang lebih tinggi sejajar dengan negara maju, dimana Indonesia harus melakukan pembangunan ekonomi berbasis industri, karena sektor industri hanya  bisa berjalan dengan baik dan kompetitif jika mendapat suplai energi yang cukup, murah dan handal. MEBNI ingin menjadi inisiator percepatan implementasi pembangkit listrik energi nuklir (PLTN).

Acara inagurasi dilaksanakan di kantor DEN dan di hadiri oleh Anggota DEN Satya Widya Yuda dan Sekjen DEN Djoko Siswanto serta para inisiator berdirinya MEBNI, serta pegawai Setjen DEN. Acara di buka oleh Arnold Soetrisnanto salah satu inisiatior MEBNI selaku Ketua MEBNI, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari salah satu Penasehat MEBNI Bob. S. Effendi, sambutan Perwakilan Deputi Bapeten Zainal Arifin, sambutan Dirjen EBTKE Dadan Kusdiana, sambutan Anggota DEN yang diwakili Satya Widya Yuda dan terakhir sambutan dari Sekjen DEN Djoko Siswanto. 

Satya menyampaikan apresiasi kepada MEBNI serta menyoroti kasus pada tahun-tahun sebelumnya dimana pemerintah belum mendukung bagi pengembangan energi nuklir di Indonesia. Lebih lanjut pria lulusan Cranfield University U.K tersebut berharap adanya perhatian yang serius dari Pemerintah terhadap organisasi atau kebijakan yang mendukung dalam penggunaan energi nuklir dalam rangka meningkatkan kesejahteraan bangsa dan ketahanan energi negara. 

Djoko Siswanto yang akrab disapa Djoksis menyatakan bahwa pembangunan PLTN selain membantu mengamankan pasokan listrik nasional juga memberikan leverage ekonomi dan industri nasional, penyediaan listrik yang masif memberikan leverage ekonomi yang dapat langsung dirasakan dan karakteristik PLTN yang memiliki teknologi dan berstandar keselamatan tinggi memberikan dampak pada standar kualitas industri nasional yang tinggi pula.

Senada, Zaenal dari Bapeten menginformasikan berbagai hasil kajian litbang  teknologi nuklir dan  iptek pendukungnya kepada masyarakat  serta memfasilitasi  para peneliti, praktisi, akademisi dan stakeholder untuk bertukar informasi pengembangan teknologi energi nuklir dalam menjawab tantangan  pengembangan industri nasional dan SDM, dan berharap MEBNI  bisa menjadi organisasi yang dapat menyampaikan  informasi terkait  pentingnya manfaat penggunaan energi nuklir.

Acara selanjutnya ketua MEBNI melakukan pemotongan tumpeng yang diiringi dengan doa untuk kemajuan MEBNI dalam mendorong pengembangan nuklir demi kemajuan PLTN di Indonesia serta melakukan foto bersama.
 
Mengakhiri acara, para undangan melakukan kunjungan ke kantor MEBNI yang baru yang berada di kantor DEN, Jalan Gatot Subroto Kav.49, Jakarta Selatan sekaligus ramah tamah. (Teks: DR, Grafis: OT, Editor: YS)

Bagikan ini