Kejar Penyelesaian RPP KEN, DEN Bahas Draf Naskah Akademik

Bandung, 13/7/2023. Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Agus Puji Prasetyono memimpin rapat penyiapan draf naskah akademik Rancangan Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2014 tentang Kebijakan Energi Nasional (RPP KEN). Rapat yang digelar secara hybrid ini juga turut dihadiri oleh Anggota DEN Musri Mawaleda, As Natio Lasman, Daryatmo Mardiyanto, Satya Widya Yudha, serta perwakilan akademisi dan konsultan. 

“Draf awal naskah akademis sudah disiapkan. Melalui pertemuan ini, diharapkan kami dapat memperoleh masukan, baik substansi maupun penyempurnaan bahasa agar bersifat deklaratif dan lugas,” terang Agus Puji dalam sambutannya. 

Perwakilan Pusat Studi Energi Universitas Gadjah Mada Agustina Merdekawati merekomendasikan agar naskah akademis diikuti dengan penyusunan matriks, policy brief dan kertas kerja.  Musri juga menambahkan agar isu nuklir, lingkungan, dan kerja sama menjadi perhatian dan memiliki rujukan.

Sebagai penutup, Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan DEN Yunus Saefulhak mengungkapkan bahwa RPP KEN ditargetkan dapat memasuki tahap harmonisasi dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia pada akhir tahun 2023. “Rapat akan ditindaklanjuti dengan penyusunan narasi naskah akademis, daftar inventarisasi masalah (DIM), dan RPP KEN. Usulan panitia antar kementerian (PAK) ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ditargetkan dilakukan pada akhir Juli 2023,” tegasnya. (Teks: SL, Grafis: OT, Editor: DR)

Bagikan ini