Kesiapan Ketersediaan Infrastruktur Penyimpanan CPE

Indramayu, 1/09/2023. Anggota DEN, Yusra Khan serta tim Setjen DEN melakukan kunjungan kerja (kunker) ke fasilitas penyimpanan hulu migas di Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Field, Jawa Barat. Rombongan kunker DEN diterima dengan hangat oleh Senior Manager Production and Project, PT Pertamina EP Jatibarang, Tata Mustafa.

Kunker tersebut bertujuan untuk mendukung percepatan penyediaan CPE. Yusra Khan dalam paparannya mengatakan bahwa sesuai amanat UU 30/2007 tentang Energi bahwa untuk menjamin ketahanan energi nasional, Pemerintah wajib menyediakan CPE. 

Lebih lanjut, Yusra mengatakan bahwa ketentuan mengenai jenis, jumlah, waktu dan lokasi CPE diatur lebih lanjut oleh DEN. Penyediaan infrastruktur CPE dapat dilakukan dengan mengoptimalkan infrastruktur Energi yang telah ada melalui mekanisme pengelolaan barang milik negara; dan/atau penyediaan infrastruktur baru. 

Senior Manager Production and Project, PT. Pertamina EP Jatibarang, Tata Mustafa menyampaikan terima kasihnya atas kehadiran Anggota DEN dalam rangka percepatan penyediaan CPE. Tata juga berharap Perpres CPE dapat segera terbit dan dapat menjadi acuan oleh stakeholder terkait, khususnya PT. Pertamina.

Hasil identifikasi awal koordinasi dengan SKK Migas, terdapat potensi fasilitas penyimpanan di hulu migas yang dapat dimanfaatkan sebagai fasilitas penyimpanan CPE, termasuk pada asset di Jatibarang. (Teks: AM, Grafis: AM, Editor: DE)

Bagikan ini