Membangun Integrasi Visi Kebijakan Energi Bersih Nasional dan Daerah Menuju Masa Depan Berkelanjutan

Jakarta, 15/11/23. Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Satya Widya Yudha menghadiri Policy Brief Launch Event yang diselenggarakan oleh New Energy Nexus Indonesia. Dalam kegiatan tersebut, Satya didaulat untuk menyampaikan Keynote Speech dengan tema Membangun Integrasi Visi Kebijakan Energi Bersih Nasional dan Daerah Menuju Masa Depan Berkelanjutan. Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri beberapa stakeholders lain diantaranya Kepala Dinas ESDM Provinsi Bali, Ida Bagus Setiawan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Jawa Timur, Badan Usaha Daerah dan juga perwakilan Universitas Prasetiya Mulya. 

Dalam paparannya Satya menyebut bahwa Saat ini, PP Nomor 79 Tahun 2014 tentang Kebijakan Energi Nasional (KEN) sedang dalam proses pembaruan. “DEN telah selesai menyusun Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Kebijakan Energi Nasional sebagai pengganti PP Nomor 79 Tahun 2014 tentang Kebijakan Energi Nasional. RPP KEN yang baru ini ditargetkan akan ditetapkan pada triwulan awal tahun 2024”, ujarnya

Lebih lanjut dalam melakukan pembaruan Kebijakan Energi Nasional, DEN menetapkan beberapa sasaran

serta strategi kebijakan. Sasaran yang ingin dicapai dari Pembaruan KEN tersebut antara lain: 1) mewujudkan ketahanan energi yang Tangguh; 2) pemenuhan kebutuhan energi yang rasional untuk

mencapai target Human Development Index [HDI]; 3) terwujudnya dekarbonisasi dan transisi energi untuk mencapai NZE 2060.

Diakhir Satya menyatakan bahwa forum semacam ini akan bisa mendorong kesadaran dari penguatan energi bersih di setiap daerah yang merupakan wujud implementasi dari kebijakan energi nasional.  “Kita menyambut baik kegiatan ini, harapannya bisa menjadi masukan bagi pemerintah terkait dengan energi bersih”, pungkasnya. (Teks&Grafis: CTA)

Bagikan ini