Pemanfaatan Gas Bumi Untuk Rumah Tangga Dan Industri  Kota Batam

Batam, 15/09/23. Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Eri Purnomohadi memimpin rapat koordinasi dan kunjungan kerja pemanfaatan gas bumi untuk rumah tangga dan industri di Kota Batam. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Anggota DEN lainnya antara lain Yusra Khan dan As Natio Lasman. Hadir pula  Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Minyak dan Gas Bumi, Laode Sulaeman, juga perwakilan BPH Migas. 

Dalam rangka implementasi RUEN khususnya pemanfaatan gas bumi untuk rumah tangga dan industri  sesuai pasal 12 ayat (2) Undang Undang Nomor 30 Tahun 2007 tentang Energi bahwa Dewan Energi Nasional bertugas mengawasi pelaksanaan kebijakan di bidang energi yang bersifat lintas sektoral khususnya pengawasan Matrik Program RUEN (Lampiran I| Peraturan Presiden No. 22 Tahun 2017).

Dalam penjelasannya, Eri Purnomohadi menekankan pentingnya pemanfaatan gas untuk rumah tangga. “Untuk daerah penghasil gas bumi harusnya dimanfaatkan terlebih dahulu untuk jaringan gas bagi rumah tangga didaerah terebut. Jangan sampai daerah penghasil gas bumi tapi malah gas yang digunakan warga harus impor”, tegasnya. 

Terkait dengan jaringan gas kota, Yusra Khan menyampaikan khususnya dari sisi perencanaan dan implementasi di lapangan. “Ini jargas kota kalau di perencanaannya bagus, tapi implementasinya tidak berjalan. Jangan sampai orang-orang kecewa sudah dijanjikan akan dibangun, namun tiba-tiba implementasinya tidak berjalan”, ungkapnya. 

Sementara menurut As Natio Lasman, gas sangat penting pada masa transisi energi. “Gas dan renewable energy kedepan akan makin ditingkatkan sebagai jembatan transisi energi. Sehingga kedepan anggarannya juga dapat ditingkatkan” pungkasnya. 

Kegiatan ditutup dengan kunjungan kerja langsung ke pengguna CNG yaitu PT. Cipta Persada Mulia dan juga pelanggan jaringan gas kota di wilayah Batu Aji, Batam. (Teks&Grafis: CTA, Editor: DE)

Bagikan ini