Pendalaman Kebijakan Penerapan Teknologi PLTN

Jakarta, 12/07/23. Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Pemangku Kepentingan  Agus Pudji Prasetyono memimpin Focus Group Discussion mengenai pendalaman Kebijakan Penerapan Teknologi PLTN untuk mendukung rencana pembangunan PLTN di Indonesia. Hadir dalam acara tersebut Nuclear Projects Development Director Beureu Veritas Global, Erick Dagorn dan tim Thorcon Power Indonesia.

Agus Pudji memimpin pertemuan tersebut dengan tujuan untuk menindaklanjuti rencana pembentukan Komite Pelaksana Program Energi Nuklir (KPPEN) dan peran pentingnya energi nuklir dalam bauran energi primer nasional.

Tim Thorcon memaparkan bahwa Thorcon bertujuan merancang, membangun, dan mengoperasikan tenaga nuklir, bekerja dengan mitra domestik dan internasional pada proyek percontohan, berencana untuk memproduksi listrik bebas karbon lebih murah daripada batu bara. Dengan konsep 500 MW design modular.

Nuclear Projects Development Director Beureu Veritas Global, Erick Dagorn menyampaikan faktor keberhasilan proyek baru pembangunan nuklir diantaranya anggaran awal harus relistis, kerangka regulasi yang stabil, rekayasa dan desain harus cukup matang untuk memulai proyek, tata kelola proyek yang jelas dan praktis, kepemimpinan yang kuat dalam manajemen proyek di semua tingkatan, organisasi tim teknik yang cukup sederhana, keterlibatan rantai pasokan yang kuat oleh kontraktor utama, pengembangan keterampilan dini dan memadai. (teks:OE infografis; OT editor: DE)

Bagikan ini