Sekjen DEN Bahas Kelangkaan Elpiji

Jakarta, 25/7/2023. Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto berbicara mengenai kelangkaan elpiji 3 kg di beberapa daerah. Acara ini diselenggarakan oleh Radio Elshinta secara langsung. Menurut Djoko Siswanto kelangkaan elpiji ukuran 3 kg adalah karena adanya komitmen distribusi yang kurang dijaga hingga terjadi pembiaran. “Seharusnya ada distribusi tertutup untuk elpiji 3 kg ini. Selain itu permasalahan harga yang terpaut jauh antara yang disubsidi dengan yang tidak bersubsidi, insting ekonomi apapun pasti akan memilih barang yang lebih murah apalagi dengan kualitas yang sama”, jelasnya.  

Subsidi bisa langsung diberikan kepada masyarakat yang tepat sasaran. “Artinya selama ini yang disubsidi kan komoditinya, kedepannya subsidi ini bisa langsung diberikan masyarakat. Data masyarakat yang akan menerima subsidi ini harus disepakati menggunakan data yang terdaftar di P3KE (Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem)”, ungkapnya. 

Lebih lanjut Pria yang kerap disapa Djoksis ini menyatakan data nasional ini harus disempurnakan, kemudian perbaikan sistem distribusinya menggunakan sistem digital. “Yang penting yang dapat subsidi ini adalah yang berhak. Selain itu juga harus ada edukasi juga ke masyarakat”, imbuhnya.

Diakhir Djoksis menambahkan bahwa saat ini DEN sedang mengembangkan Grand Stategi Energi Nasional (GSEN) yang salah satu programnya adalah meningkatkan produksi elpiji dalam negeri, baik dari kilang eksisting maupun lapangan gas baru dengan Mini LPG Plant. Januari tahun lalu Presiden telah ground breaking substitusi LPG dengan DME berasal dari batubara dan juga gas alam. “Kita juga akan terus membangun jaringan gas rumah tangga. Hingga saat ini sudah lebih dari 800 ribu sambungan rumah tangga. Yang terakhir juga dengan kompor listrik”, tutupnya. (Teks: MM, Infografis: MB, Editor: DE)

Bagikan ini