Sekretariat Jenderal DEN Tandatangani MOU Kerja Sama dengan GIZ

Jakarta, 26/07/23. Sekretariat Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) melakukan Penandatangan Nota Kesepahaman/MoU dengan Deutsche Gesellschaft Für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) yang diwakili Direktur Program Energi untuk Indonesia/ASEAN, Lisa Tinschert. Sementara penandatanganan dari pihak Sekretariat Jenderal DEN diwakili oleh Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan, Yunus Saefulhak. 

Kerja sama tersebut diharapkan mampu mendukung mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Sekretariat Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) pada perencanaan energi, evaluasi RUEN, penyusunan Outlook Energi, Neraca Energi, dan pembinaan implementasi RUED Provinsi. Menurut Yunus, manfaat yang akan diterima oleh Sekretariat Jenderal DEN dari kerja sama ini yaitu dukungan teknis untuk pemodelan energi dan kebijakan energi, fasilitasi pembiayaan rapat untuk FGD dan workshop, training untuk personil Setjen DEN dalam dan luar negeri, pembiayaan narasumber non ASN dan lain-lain.

Sebagai kegiatan awal, pada tanggal 1 Agustus 2023 akan dilaksanakan diskusi publik dengan judul Dukungan RUED oleh Pemerintah Daerah di Kalimantan untuk Mencapai Target Transisi Energi di Balikpapan. Acara tersebut melibatkan APK DEN sebagai pembicara dan pemerintah daerah serta PLN wilayah Kalimantan.

Dari diskusi tersebut diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi kebijakan energi bersih, yang lebih efektif dalam mempromosikan energi bersih dan terbarukan dan mendukung investasi dan penggunaan sumber energi terbarukan, strategi transisi energi yang dapat membantu daerah-daerah penghasil batu bara dalam beradaptasi dengan transisi energi dan menemukan alternatif sumber penghasilan yang berkelanjutan kemudian peningkatan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya transis energi dan dampaknya terhadap perekonomian local serta kerjasama antara pemerintah dan sektor swasta yang dapat membantu memperkuat kerjasama antara pemerintah dan sektor swasta dalam mempromosikan transisi energi dan pencapaian target energi bersih.

MoU antara DEN dan GIZ ini berlaku selama 2 tahun dan dapat diperpanjang sesuai kesepakatan antara kedua belah pihak. (Teks: RAD, Infografis: CTA, Editor: DE)

Bagikan ini