Serah Terima Naskah Kebijakan BRIN Ke DEN

Jakarta 17/1/2024. Tim dari  Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) berkunjung ke kantor Dewan Energi Nasional (DEN) dalam rangka serah terima naskah kebijakan. Kunjungan diterima langsung oleh Sekjen DEN, Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan, Kepala Biro Fasilitasi Penaggulangan Krisis dan Pengawasan Energi serta jajaran Sekretariat Jenderal DEN. Sekjen DEN menyambut baik dan menyampaikan bahwa naskah kebijakan BRIN dapat dimanfaatkan sebagai bahan masukan pada rancangan Perpres Kebijakan Energi Nasional yang saat ini dalam proses pembaruan. 

Naskah kebijakan BRIN yang diserah terimakan  dapat dimanfaatkan sebagai bahan dalam pengambilan kebijakan di lingkungan DEN. Beberapa naskah kebijakan yang disampaikan ke DEN diantaranya Kajian Tekno Ekonomi Phase Out PLTU Batubara Dalam Rangka Pemenuhan NZE dengan rekomendasi kebijakan diantaranya mendorong industri nasional untuk dapat berpartisipasi dan mendukung phase out PLTU, naskah kebijakan Identifikasi Tapak Potensial PLTN di Indonesia Untuk Pemenuhan NZE Berdasarkan Faktor Ekslusi Dan Rencana Pengembangan Wilayah dengan rekomendasi diantaranya calon tapak PLTN harus segera dimasukkan ke dalam RT/RW dan atau RDTR

Pemerintah Indonesia mendorong transparansi dan diseminasi informasi hasil pemantauan lingkungan IAEA secara berkala dan  berkelanjutan merupakan salah satu rekomendasi  kebijakan naskah kebijakan Potensi Dampak Pembuangan Air Olahan Fukushima Terhadap Perairan Indonesia. Penurunan intensitas energi merupakan salah satu rekomendasi kebijakan Kajian Dampak Net Zero Emission Terhadap Ketahanan Energi dan Ekonomi Nasional. 

Di akhir acara Sekjen DEN menyerahkan Buku Outlook EN dan Buku Neraca Energi serta ditutup dengan foto bersama. (teks: DE  infografis: OT  Editor: YS)

Bagikan ini