Siaran Pers: Apresiasi Kinerja Stakeholder, DEN Beri Penghargaan Anugerah DEN

SIARAN PERS
Nomor: 6.KM.05/SJKS/2023
Tanggal: 20 Oktober 2023

Apresiasi Kinerja Stakeholder, DEN Beri Penghargaan Anugerah DEN

Jakarta, 20/10/2023. Dewan Energi Nasional (DEN) bekerja sama dengan Majalah Listrik Indonesia kembali menyelenggarakan Penghargaan Anugerah DEN 2023. Sebagai puncak rangkaian acara Energy Transition Conference and Exhibition (ETCE) 2023, perhelatan ini menjadi penyelenggaraan kedua sejak diadakan perdana pada tahun 2022.

Anggota DEN Herman Darnel Ibrahim yang kerap disapa HDI mengatakan bahwa Anugerah DEN merupakan dukungan pelaksanaan tugas dan fungsi DEN dalam melakukan pembinaan penyusunan Rencana Umum Energi Daerah (RUED) Provinsi sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 22 Tahun 2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional (RUEN).

“Hingga pertengahan Oktober 2023, tiga puluh provinsi telah menetapkan Peraturan Daerah (Perda) RUED Provinsi, dua provinsi sedang melakukan fasilitasi di Kementerian Dalam Negeri, satu provinsi melakukan pembahasan dengan DPRD, dan satu provinsi menyiapkan perbaikan Rancangan Peraturan Daerah RUED,” ungkap HDI pada Penghargaan Anugerah DEN 2023 di Jakarta, Jumat (20/10).

Anugerah DEN, imbuh HDI menjadi bentuk apresiasi Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Provinsi yang telah menyusun dan mengimplementasikan RUED Provinsi, yang di dalamnya terdapat komitmen untuk melakukan transisi energi, meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan (EBT) dan mengurangi emisi karbon.

HDI menambahkan, penghargaan kepada tokoh keenergian daerah diberikan kepada tokoh yang telah gigih membangun dan memelihara pembangkit listrik EBT pada lokasi terpencil untuk melayani masyarakat dalam mengakses energi di tengah berbagai keterbatasan.

“Anugerah DEN diharapkan dapat memberi dorongan dan memacu daerah untuk meningkatkan pemanfaatan dan inovasi energi terbarukan, sehingga mendorong persentase EBT yang lebih tinggi di tingkat daerah dan juga di tingkat nasional,” pungkasnya.

Anugerah DEN, lanjut HDI, juga diberikan kepada perusahaan – perusahaan penyedia dan pengguna energi yang dimaksudkan untuk memberikan dorongan dan motivasi, khususnya dekarbonisasi dalam lingkungan perusahaan.

“Terima kasih kepada Pemerintah Daerah dan Perusahaan yang telah berpartisipasi aktif mengikuti kegiatan Anugerah DEN. Selamat kepada para pemenang Anugerah DEN 2023. Kepada provinsi yang belum beruntung untuk tahun ini agar tetap bersemangat dan semoga menjadi lebih baik tahun depan,” pungkas HDI.

Sementara Sekretaris Jenderal DEN Djoko Siswanto mengatakan, kegiatan Anugerah DEN diikuti oleh 23 provinsi dan 17 nominasi tokoh keenergian daerah, serta perusahaan yang menaruh perhatian terhadap transisi energi.

“Anugerah DEN dibagi dalam tujuh kategori. Setiap kategori akan dipilih tiga pemenang berdasarkan hasil submit kuesioner oleh Pemerintah Provinsi dan satu kategori berdasarkan hasil survei yang diisi oleh Anggota DEN, tokoh energi, media, akademisi dan asosiasi,” terang Djoko.

Setelah melalui tahapan sosialisasi, riset, pengisian kuesioner, analisis, verifikasi, dan rekapitulasi, pemenang Penghargaan Anugerah DEN tahun 2023 adalah sebagai berikut:

  1. Kategori “Daerah yang Berhasil Mengoptimalkan dan Memanfaatkan Potensi Energi Baru dan Terbarukan”
  • Peringkat Pertama : Jawa Timur
  • Peringkat Kedua : Jawa Barat
  • Peringkat Ketiga : Jawa Tengah
  1. Kategori “Daerah yang Melakukan Implementasi Kebijakan dan Regulasi Turunan Perda RUED Provinsi”
  • Peringkat Pertama : Jawa Timur 
  • Peringkat Kedua : Jawa Barat
  • Peringkat Ketiga : Nusa Tenggara Barat
  1. Kategori “Daerah yang Memiliki Inovasi Terbaik Dalam Pengembangan Energi Terbarukan”
  • Peringkat Pertama : Jawa Timur
  • Peringkat Kedua : Jawa Barat
  • Peringkat Ketiga : Sumatera Barat
  1. Kategori “Daerah yang Berhasil Mendorong Transisi Energi”
  • Peringkat Pertama : Jawa Barat
  • Peringkat Kedua : Jawa timur
  • Peringkat Ketiga : Aceh
  1. Kategori “Daerah yang Paling Baik dalam Pengelolaan Data Energi”
  • Peringkat Pertama : Jawa Timur
  • Peringkat Kedua : Jawa Tengah
  • Peringkat Ketiga : Aceh
  1. Kategori “Pemerintah Daerah yang Terfavorit dalam Mengkampanyekan Energi Bersih”
  • Peringkat Pertama : Jawa Barat
  • Peringkat Kedua : Jawa Tengah
  • Peringkat Ketiga : Bali
  1. Kategori “Tokoh Daerah yang Gigih dalam Pembangunan dan/atau Pengembangan Energi Terbarukan”
  • Peringkat Pertama : Assyapoi dari Buton Utara, Sulawesi Tenggara
  • Peringkat Kedua : Mustafa Bin Dolah dari Pulau Mecan Batam, Kepulauan Riau
  • Peringkat Ketiga : Musdah dari Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat
  1. Juara Umum Anugerah DEN 2023 : Jawa Timur

Didaulat sebagai Pemerintah Provinsi yang memperoleh Juara Umum Anugerah DEN 2023, Gubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap, Anugerah DEN 2023 dapat menjadi pemacu semangat dalam memaksimalkan kinerja Pemerintah Provinsi Jawa Timur. “Sinergitas antara pemerintah, climate sector, dan perguruan tinggi tentunya akan menjadi kekuatan yang luar biasa,” ungkapnya.

Khofifah menambahkan, net zero emission 2060 merupakan tugas besar yang perlu digarap bersama-sama. “Harus dibangun komitmen yang kuat untuk bisa mewujudkannya, dan harus terukur, seringkali saya menyampaikan itu,” tutup Khofifah.

Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan
Energi dan Persidangan,
Yunus Saefulhak

Bagikan ini