Siaran Pers: Pimpin Sidang Anggota DEN, Menteri ESDM Dorong Penyelesaian RPP KEN

SIARAN PERS
Nomor: 1./KM.05/SJKS/2024
Tanggal: 10 Januari 2024
Pimpin Sidang Anggota DEN, Menteri ESDM Dorong Penyelesaian RPP KEN

Jakarta, 10/01/2024. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, selaku Ketua Harian Dewan Energi Nasional (DEN), memimpin Sidang Anggota DEN Pertama Tahun 2024 melalui konferensi video. Sidang tersebut membahas mengenai Progres Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Kebijakan Energi Nasional (RPP KEN).

“Sampai dengan Desember 2023, (DEN) sudah menyelesaikan finalisasi Panitia Antar Kementerian, konsultasi dengan DPR, dan harmonisasi dengan Kemenkumham. Konsultasi dengan DPR telah dilakukan sebanyak dua kali dalam bentuk FGD, sedangkan harmonisasi dengan Kemenkumham sampai saat ini masih berlangsung, tinggal menunggu tahapan pleno dari Kemenkumham,” terang Anggota DEN Musri Mawaleda. Finalisasi harmonisasi dan pembahasan dengan DPR, lanjut Musri, akan terus dilakukan tahun ini.

Menanggapi hal tersebut, Arifin menargetkan penyelesaian RPP KEN pada bulan Juni 2024. “RPP KEN ini kita harapkan selesai di bulan Juni. Perlu diintensifkan lagi kegiatan-kegiatan yang terkait dengan penyelesaian RPP KEN tersebut,” ungkap Arifin di Jakarta, Rabu (10/01).

Selain Progres RPP KEN, Sidang Anggota DEN Pertama Tahun 2024 juga membahas mengenai penggantian jajaran Anggota DEN dari Unsur Pemangku Kepentingan karena termasuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota Legislatif Pemilu Tahun 2024.

Proses penggantian Anggota DEN dari Unsur Pemangku Kepentingan dimaksud, lanjut Arifin, telah melalui tahap kajian dan tengah diproses sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku. “Kita berpegang kepada apa yang menjadi aturan DEN dan apa yang menjadi aturan KPU,” tegas Arifin.

Sebagai informasi, mekanisme pemberhentian Anggota Dewan Energi Nasional dari unsur Pemangku Kepentingan melalui Sidang Anggota DEN, telah diatur dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2008 tentang Pembentukan Dewan Energi Nasional dan Tata Cara Penyaringan Calon Anggota Dewan Energi Nasional.

Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan,

Yunus Saefulhak


Bagikan ini