Strategi Pengelolaan Potensi Sumber Daya Energi

Bandung 13/10/2023. Dewan Energi Nasional bekerja sama dengan Program Magister dan Doktor Teknik Geologi ITB dan Ikatan Ahli Geologi Indonesia Jawa Barat (IAGI Jabar) mengadakan Focus Group Discussion " Strategi Pengelolaan Potensi Sumber Daya Energi" pada Jumat, 13/10/2023.

Anggota Dewan Energi Nasional, Musri, Herman Darnel Ibrahim, Agus Puji Prasetyono, Yusra Khan, hadir pada pelaksanaan FGD di Ruang Hilmi Panigoro tersebut, bersama dengan para narasumber Mohamad Nur Heriawan, Asep Kurnia Permana, Suryantini. Kemudian Dosen Teknik Geologi ITB Emmy Suparka, R. P. Koesoemadinata, Benyamin Sapiie, dan Prihadi Soemintadiredja turut hadir sebagai penanggap. FGD ini bertujuan untuk mendapatkan masukan dari para akademisi mengenai strategi pengelolaan potensi sumber daya energi di Indonesia.

Dalam sambutannya, Musri yang juga merupakan dosen di Universitas Hasanudin, menjelaskan peran penting ahli geologi dalam pengelolaan sumber daya energi, dimana banyak penemuan sumber energi dilakukan oleh ahli geologi.

Herman Darnel Ibrahim yang akrab disapa HDI, juga hadir sebagai narasumber menyampaikan bahwa Dewan Energi Nasional saat ini sedang menyusun Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Kebijakan Energi Nasional yang baru, dimana dalam dokumen tersebut terdapat perbedaan arah kebijakan pengelolaan energi dibandingkan dengan Kebijakan Energi Nasional yang termuat dalam PP No 79 Tahun 2014.

Asep Kurnia Permana yang hadir mewakili Kepala Pusat Survey Geologi dalam paparannya menjelaskan bahwa Pusat Survey Geologi KESDM sudah memulai studi awal natural hydrogen yang dapat menjadi game changer di era transisi energi ke depan.

Selanjutnya, Suryantini seorang pakar geologi panas bumi ITB mengatakan pengembangan panas bumi masih cukup rendah, masih sekitar 10% dari total potensi panas bumi Indonesia ujarnya. Hal ini disebabkan strategi percepatan pengembangan panas bumi yang ditawarkan pemerintah masih belum dapat memenuhi harapan pengembang panas bumi pungkasnya mengakhiri sesi acara. (Teks: ANS, Infografis: OT, Editor: DR)

Bagikan ini