Transisi Energi Dalam Indonesia Sustainable Energy Week (ISEW)

Jakarta, 10/10/2023. Sekjen DEN Djoko Siswanto hadir sebagai narasumber dalam acara Indonesia Sustainable Energy Week (ISEW) yang berlangsung di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta pada tanggal 10 -13 Oktober 2023 . ISEW merupakan platform yang mempresentasikan Kerja Sama Energi Jerman-Indonesia di bidang teknis dan keuangan antara kedua negara. ISEW ditujukan untuk mendukung penyusunan Rencana Pembangunan Nasional Jangka Panjang dan Jangka Menengah untuk sektor energi.

Dalam kesempatannya Sekjen DEN Djoko Siswanto menyampaikan topik transisi energi Indonesia menuju energi bersih. ” Terwujudnya pengelolaan energi yang berkeadilan, berkelanjutan, dan ramah lingkungan guna mewujudkan kemandirian energi nasional dan ketahanan energi nasional yang berlandaskan kedaulatan energi dan nilai-nilai ekonomi yang berkeadilan merupakan tujuan pengelolaan energi nasional”, jelasnya

Lebih lanjut Djoksis menjelaskan skenario transisi energi berdasar sektor permintaan yaitu sektor transportasi diantaranya kendaraan listrik untuk transportasi darat, sektor industri dengan menggunakan teknlogi CCS/CCUS, sektor rumah tangga seperti peralihan bahan bakar dari LPG ke kompor induksi, DME, pipa gas dan biomassa, juga sektor komersial seperti manajemen energi dan peralatan hemat energi seperti AC dan peralatan lainnya.

Duta Besar Jerman H.E Ina Lepal dalam kesempatannya menyampaikan bahwa Jerman akan memberikan bantuan kepada Indonesia 1 miliar Euro melalui berbagi program untuk transisi energi.( teks: DE infografis: HR Editor : YS)

Bagikan ini