Upaya Menurunkan Emisi Karbon Dengan Produksi Bahan Bakar Ramah Lingkungan

Cilacap, 19/1/2024. Green Refinary Cilacap Phase 1 RU IV telah melakukan serangkaian uji coba  tahap komersialisasi  produk green diesel dan green avtur kilang sebagai upaya  menurunkan emisi karbon dan produksi bahan bakar lingkungan . Sekjen DEN Djoko Siwanto hadir dalam site visit di Kilang Pertamina  Internasional (KPI) Refinary Unit RU IV Cilacap Jawa Tengah. Didampingi Direktur Operasi KPI Didit Bahagia beserta jajarannya.

Produksi green diesel (HVO) dengan kapasitas 2,5- 2,8 MBSD dengan menggunakan bahan baku 100 persen sawit, sudah terstandarisasi di International Sustainability and Carbon Certification (ISDC). Produksi biofuel bahan baku minyak sawit mencapai 8500.000 bopd dengan fase 1 kapasitas produksi bio avturnya  mencapai 13000 bopd , untuk fase selanjutnya sampai dengan 80.000 bopd untuk memenuhi  kebutuhan pesawat terbang Indonesia. “Bahan baku kilang 100 persen minyak sawit dalam negeri dengan menggunakan katalis merah putih,” ungkap Didit.

Pria yang biasa disapa Djoksis mengapresiasi berproduksinya green energi dari Kilang Pertamina Indonesia RU IV Cilacap, hal tersebut mendukung ketahanan energi yang diharapkan mengurangi impor dengan memperkuat 4 variabel ketahanan energi yitu Availibility, Accesibility, Affordability, Acceptabilty dengan penggunaan energi yang ramah lingkungan. Diakhir acara dilanjutkan dengan melakukan site visit ke green refinary Pertamina Kilang Internasional RU IV Cilacap. ( teks: DE. Infografis: OT, editor: YS)

Bagikan ini