DEN Terima Audiensi SVANTE Asal Kanada

Jakarta 18/3/2024. Upaya untuk mengurangi emisi menuju Net Zero Emission (NZE) tahun 2060 terus dilakukan. Untuk mencapai keseimbangan tersebut, pemanfaatan teknologi pengurangan emisi seperti Carbon Capture and Storage/Carbon Capture, Utilization and Storage (CCS/CCUS) bisa menjadi solusi, mengingat CCUS mampu meningkatkan produksi migas melalui CO2-EOR atau EGR sekaligus mengurangi emisi gas rumah kaca secara signifikan. Sekjen DEN, Djoko Siswanto bersama dengan Anggota Pemangku Kepentingan DEN yakni Yusra Khan, Musri Mawaleda, Herman Daniel dan Satya Widya Yudha menerima kunjungan salah satu Perusahaan dari Kanada, SVANTE, untuk berdiskusi terkait dengan teknologi CCS/CCUS.

SVANTE, Perusahaan asal Kanada menyediakan solusi penangkapan dan pembuangan karbon. SVANTE membuat filter dan mesin kontraktor putar modular yang menangkap dan menghilangkan CO2 dari emisi industri dan udara. SVANTE ingin menjajaki kerjasama dengan Indonesia terkait penerapan teknologi CCS/CCUS melihat potensi investasi di Indonesia sangat besar.

Diskusi juga dihadiri oleh perwakilan dari Kemenkomarves yang menyatakan bahwa Pemerintah sangat serius dalam menanggapi penggunaan teknologi CCS/CCUS sehingga Pemerintah masih menggodok rancangan regulasi berikut skema komersialisasi dalam pengembangan proyek penyimpanan karbon.

Indonesia memiliki banyak lapangan tua yang berpotensi menjadi lokasi penyimpanan karbon. Potensi yang menjanjikan ini hanya bisa dilaksanakan dengan aksi nyata dan membutuhkan dukungan dari semua stakeholder di industri migas . ( Teks: RN, Grafis: OT, Editor :DE)

Bagikan ini