Strategi Pengurangan Ketergantungan LPG Sektor Rumah Tangga

Depok, 26/4/2024. Dalam mendukung target RPP Kebijakan Energi Nasional dalam mengurangi impor, subsidi dan ketergantungan pemakaian pada LPG terutama pada sektor rumah tangga, salah satu hal yang dilakukan adalah mendorong penggunaan kompor listrik. DEN tengah membuat policy paper kompor listrik dan membahasnya melalui rapat kordinasi dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), CASE-GIZ  dalam penyusunan policy paper kompor listrik.

Dalam mendorong pemakaian kompor listrik BRIN mengusulkan perlunya sosialisasi ke masyarakat, mengevaluasi berbagai skema kebijakan untuk pelanggan golongan bersubsidi juga menurunkan harga kompor listrik yang terjangkau dan menyamakan tarif dasar listrik rumah tangga diatas 1300 VA.               

Perlunya perhitungan emisi yang akan dihasilkan jika masyarakat akan menggunakan kompor listrik, perlunya kajian skenario masyarakat kelas menengah keatas dalam menyerap over supply PLN terutama Jamali, merupakan hal yang perlu di bahas dalam pembuatan policy paper kompor listrik.(teks:DE  Innfografis:OT editor:YS)

Bagikan ini